Monday 11 February 2013

Slurrrp...Sedapnya Mie Gomak





Bagi kita masyarakat sumatera utara, hanya mendengar nama Mie Gomak aja sudah terbayang bagaimana kelezatannya. Apalagi sudah terhidang dihadapan kita, tentu saja makanan ini tak bakal di lihat saja. Mie Gomak terkenal sebagai masakan khas daerah dari tanah batak. Mengenai asal usul sebutan untuk menu ini beragam versi.

Sebagian menyebutkan, mungkin karena cara penyediaannya di gomak-gomak (digenggam pakai tangan) hingga sampai saat ini disebut mie gomak. Disebut juga Spagheti Batak karena mirip dengan spagheti dari Itali, bentuknya mirip seperti lidi.

Bahan mi yang digunakan untuk mi gomak adalah mie lidi yang diameternya lebih besar dan lurus seperti spagheti. Berbeda dengan mi telor keriting yang agak pipih atau mi ayam yang biasa di temui. Teksturnya lebih kenyal, namun mudah putus saat digigit.

Mie yang sudah direbus biasanya dibuat terpisah dengan kuah dan sambalnya. Meski banyak ragam untuk membuat menu makanan khas batak ini, ada yang menggunakan kuah ada juga dibuat seperti mie goreng.

Kalau di tempat saya sendiri, di Sidikalang, kabupaten dairi, mie Gomak sudah menjadi santapan sehari-hari bagi masyarakat. Sudah banyak yang menjual mie Gomak saat ini di sidikalang. harganya pun relatif murah, dari 2000 - 5000 rupiah per piringnya. Lebih enak lagi kalau disajikan dengan gorengan ataupun telor rebus. apalagi dipadukan dengan sambal khas batak. Waah,,betapa nikmatnya mie gomak.

Kalau mau nyoba, langsung aja datang ke Sumatera Utara yaa..



1 comment:

Search

Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese

Flag Counter

Flag Counter

Visit

Hit Counter

Followers